4 Langkah untuk Mengejar Mimpi Kamu

  Siapa sih yang tidak punya mimpi? Tentu semuanya memiliki suatu keinginan untuk meraih sesuatu. Terkadang kita mempunyai berbagai macam impian. Namun, hanya segelintir dari kita yang menuliskan mimpi...
Mewujudkan Mimpi Agar Bahagia
Mewujudkan Mimpi Agar Bahagia

 

Siapa sih yang tidak punya mimpi? Tentu semuanya memiliki suatu keinginan untuk meraih sesuatu. Terkadang kita mempunyai berbagai macam impian. Namun, hanya segelintir dari kita yang menuliskan mimpi itu dan berusaha menggapainya.

Salah satu cara yang bisa kita terapkan untuk meraih mimpi-mimpi itu adalah membuat daftar mimpi atau dream list. Nah, pada kali ini, FILE akan membagikan 4 langkah dalam mewujudkan mimpimu dengan daftar mimpi ini.

 

Tuliskan Mimpi Kamu

Seperti dari judulnya, intinya cukup tulis saja mimpimu di suatu wadah seperti di kertas ataupun di komputer.  Nah, yang paling gampang adalah membuat spreadsheet di komputer. Kamu bisa buat spreadsheet dengan mudah di Excel atau aplikasi lainnya.

Di spreadsheet tersebut, buatlah kategori jangka waktu di bagian kolom seperti “6 bulan”, “5 tahun”, ataupun “seumur hidup”. Lalu di sisi baris spreadsheet tersebut, kamu bisa buat berbagai macam kategori di dalam kehidupan di hidupmu seperti: Kepercayaan atau Agama, Keluarga, Profesional, Keuangan, Pendidikan, Komunitas, Karakter, ataupun Jalan-jalan.

Sekarang, gunakan waktu untuk mengisi setidaknya satu tujuan atau gol untuk setiap kategori dan jangka waktu yang diinginkan. Contohnya, pada kategori Pendidikan, kamu punya tujuan sudah menguasai teknik pitching yang baik. Jika kamu bisa mengisi lebih dari 1 mimpi per kategori, tentunya akan lebih baik lagi. Tulislah seluruh mimpi yang kamu pikirkan hingga tidak tahu lagi mau menulis apa.

 

2. Perhatikan Arah Hidupmu

Jika kamu sedang kebingungan saat mengejar karier, merasa kurang uang jajan ataupun frustrasi gara-gara urusan asmara, mungkin hal tersebut membuatmu kehilangan arah dan jejak menuju mimpi besar. Kalau begitu, jangan terlalu pusing meraih mimpi besar itu dan coba mimpi yang kecil-kecilan saja.

Mungkin kamu bisa lihat mimpi kecil dalam kurun seminggu atau sebulan. Siapa tahu dengan meraih mimpi kecil membuat semakin termotivasi untuk meraih mimpi yang lainnya, dan tentunya bakal membuka gerbang ke mimpi-mimpi yang lain yang belum pernah kamu pikirkan.

Jika kamu mengeluarkan diri dari kejenuhan keseharian, bisa saja kamu menemukan hal yang lebih berarti yang bisa mengarahkanmu ke masa depan yang lebih cerah.

 

3. Bagikan ke Orang Lain

Setelah kamu merasa sudah rampung menulis daftar mimpimu, tulislah nama-nama orang di sebelah mimpi itu. Orang ini adalah yang menurutmu bisa membantu mewujudkan mimpi tersebut. Lalu, bagikan mimpi tersebut kepada orang yang kamu telah tulis namanya. Coba tanyai mereka untuk membantumu dalam mewujudkan mimpi itu, dan coba pasang deadline agar kamu bisa menceritakan kembali sejauh mana kamu sudah mencapai mimpi yang diinginkan.

Dengan membagikan mimpimu dan meminta bantuan orang lain, orang-orang yang peduli denganmu bisa lebih terlibat dalam pengembangan dirimu, dan tentunya kamu akan lebih mudah dalam meraih tujuanmu.

 

4. Periksa Secara Berkala

Ini langkah yang terakhir sekaligus yang paling penting. Jangan sampai kamu hanya menulis mimpi tersebut sebagai angan-angan doang. Jika kamu sudah menyelesaikan sebuah tujuan, tandai saja sudah selesai dan ganti dengan mimpi yang baru. Kamu bisa pindahkan mimpimu ke jangka waktu lain jika kamu merasa mimpi tersebut sudah tidak sesuai dengan parameter awal yang kamu inginkan. Coba sekali-sekali cek daftar mimpimu (setiap 6 bulan misalnya), sebagai bahan evaluasi apakah mimpi kamu sudah sesuai serta sebagai pengingat akan hal yang paling penting dalam hidupmu.

 

Mimpi adalah suatu hal yang indah. Dengan bermimpi itulah, kamu semakin termotivasi dan membuat hidupmu semakin berarti. Dengan membuat daftar mimpi bisa saja membantumu dalam mewujudkan mimpi-mimpimu. Jadi mau tunggu apa lagi? Ayo bermimpi!

Categories
Inspiration

RELATED BY