5 Cara Menghadapi Demam Panggung Saat Berbicara di Depan Umum

Apakah kamu pernah demam panggung saat disuruh maju untuk berbicara? Jika pernah, kamu tidak sendirian kok. Menurut statistik, 74 persen orang dewasa saat ini memiliki ketakutan saat berbicara di...

Apakah kamu pernah demam panggung saat disuruh maju untuk berbicara? Jika pernah, kamu tidak sendirian kok. Menurut statistik, 74 persen orang dewasa saat ini memiliki ketakutan saat berbicara di depan umum. Bagaimana cara kita memandang ketakutan itu sebenarnya bisa memengaruhi perfoma kita loh, baik dalam segi fisik maupun mental. Mungkin bisa saja kamu tunduk pada ketakutan yang kita miliki, tapi kalau kamu bisa melewati ketakutan tersebut, pasti akan ada rasa bangga dan tentunya bahagia.

Bagi segelintir orang, demam panggung bisa ditanggulangi dengan mudah. Namun bagi yang lain, demam panggung adalah sesuatu yang sulit untuk dihadapi dan memerlukan kerja lebih untuk menanggulangi perasaan itu. Tentu banyak sekali cara-cara yang bisa kita lakukan agar tampil oke.

Nah pada kesempatan kali ini, FILE akan membagikan 5 tips cara percaya diri saat berbicara di depan umum, sebagaimana yang telah disampaikan oleh Nikki Stone, seorang medalis olimpiade:

 

1. Buatlah Penonton Tertawa

“Berdasarkan pengalamanku, aku menemui bahwa membuka acara dengan gurauan selalu membuat pembicaraan lebih baik,” ungkap Nikki. Dengan membuka pembicaraan dengan gurauan, hal tersebut membuat suasana di ruangan lebih enak dan membuat kamu lebih tenang. Mungkin kamu bisa melihat penonton yang tersenyum dan mungkin kamu sendiri akan ikutan tersenyum. Hal itu akan menciptakan rasa terikatan antara dirimu dengan penonton. Tentu dengan demikian, tidak ada lagi “tembok” yang memisahkan kamu dengan penonton, dan kamu akan lebih tenang saat melanjutkan pembicaraan.

 

2. Fokus dengan orang yang mengangguk

Pembicaraan tentu akan lebih enak jika pihak lawan ikut mendengar pula. Namun, hal itu menjadi sebaliknya jika pendengarmu justru mengacuhkanmu. Tentu hal tersebut akan membuat dirimu menjadi bimbang dan berdampak ke performamu saat berbicara. Oleh karena itu, coba kamu cari orang yang sedang mendengarmu dan mungkin ikut mengangguk. Dengan begitu, bakal ada rasa kenyamanan bahwa kamu sedang didengar. Semakin kamu terdengar percaya diri, semakin banyak orang yang tertarik denganmu. Sembari berbicara, cobalah lihat kiri-kanan penontonmu. Jika kamu melihat mereka mendengarmu, tentu hal itu membuatmu semakin percaya diri.

 

3. Ekspresikan Emosimu

Ada waktunya walaupun kamu sudah berucap puluhan kali kepada dirimu untuk tenang, namun hal itu tidak berhasil. Kecemasan memang hal yang sulit untuk dihilangkan. Namun, hal itu bisa disembunyikan. Saat kamu berbicara cobalah mengekspresikan emosimu sebesar-besarnya agar kecemasan tersebut tidak terlihat. Mungkin saat kamu menceritakan hal yang senang, kamu ceritakan dengan senang pula. Dengan demikian, penonton akan melihatmu berbicara seperti orang senang dibandingkan seperti orang cemas.

 

4. Berlatih, berlatih, dan berlatih

Ada segelintir orang yang percaya bahwa berbicara adalah sesuatu yang kau jago atau tidak. Namun tidak semua orang terlahir dengan bakat yang jago, hal tersebut memerlukan latihan. Begitu juga dengan berbicara di depan publik. Jika perfomamu saat berbicara sedang payah, janganlah pesimis dan terus berlatih. Cobalah untuk merekam dirimu saat berbicara dan evaluasi agar kedepannya semakin baik. Lambat laun, kamu akan semakin terbiasa dan pada akhirnya menjadi jago. Intisarinya: terus berlatih dan jangan berhenti!

 

5. Bersiaplah untuk membuat kesalahan

Walaupun sepandai-pandainya seseorang saat berbicara, tentu pasti ada di satu titik mereka membuat kesalahan. Kesalahan tersebut sebenarnya membuat mereka terlihat lebih natural dan bisa dimaklumkan. Tetapi, ketika kamu merasa tidak nyaman seperti keselipet atau gagap, para penonton bisa ikutan tidak nyaman pula. Jadi pastikan kamu punya senjata pamungkas saat kamu mulai tidak nyaman, seperti di cara pertama: buat penontonmu tertawa. Dengan demikian, penonton tetap memaklumimu meski kamu telah membuat kesalahan.

Jadi begitulah tips percaya diri sebagaimana disampaikan oleh Nikki Stone. Meskipun kamu mempunyai ketakutan saat berbicara di depan publik atau kamu ingin lebih pede lagi, demam panggung tentunya bakal terlewati kok.

Categories
Inspiration

RELATED BY