Buat Ruang Virtualmu dengan Facebook Spaces

Buat kamu yang mengikuti perkembangan teknologi, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan teknologi virtual reality pada tahun 2017 kian berkembang semakin pesat. Pada konferensi Facebook Developer atau biasa...

Buat kamu yang mengikuti perkembangan teknologi, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan teknologi virtual reality pada tahun 2017 kian berkembang semakin pesat. Pada konferensi Facebook Developer atau biasa yang dikenal dengan FBF8 di San Francisco, California pada tanggal 18 & 19 April 2017 lalu, diumumkan peluncuran beta, dan early access dari produk VR social platform pertama, yaitu Facebook Spaces oleh Rachel Franklin selaku Head of social VR.

Melalui Oculus Rift, salah satu dari jenis headset virtual reality yang dibeli oleh Facebook, kamu dapat membuat layaknya dirimu yang sebenarnya bersama dengan teman, keluarga, bahkan komunitasmu, dimanapun dan kapanpun, ke dalam sebuah ruang virtual.

 

1.Be Yourself In VR

Saat pertama kali kamu tersambung dengan Facebook Spaces, kamu akan dihadapkan dengan AI generated avatar option, untuk kamu dapat memilih salah satu foto milikmu untuk menjadi sebuah avatar. Kamu juga dapat meng-customize avatar kamu, dari gaya rambut, warna mata, hingga memakai aksesoris, membawa/menggambarkan dirimu yang sebenarnya ke dalam dunia virtual, sehingga ketika teman/keluargamu berada dalam 1 space, mereka seolah-olah memang benar-benar sedang bersama kamu. Apalagi avatar kamu dapat mengekspresikan apa yang kamu sedang ekspresikan di dunia nyata.

 

2.Be Creative

Ekspresikan kreativitasmu dengan virtual 3D marker. Kamu dapat membuat apapun yang kamu pikirkan, dari mainan, kostum, object seperti beradu pedang dengan menggunakan gambar yang kamu buat, dan hal apapun yang kamu gambar dapat kamu gunakan untuk keseruanmu di dalam Facebook Spaces bersama 3 temanmu.

 

3. Share Memories

Berbagi pengalaman, impian, atau apapun itu dari setiap ceritamu, dengan cara yang berbeda, dan nuansa baru yang tidak pernah kamu rasakan. Kamu dapat mengenalkan binatang peliharanmu, tempat tinggal barumu, mengajaknya ke sebuah tempat wisata nan indah, layaknya kamu bersama temanmu benar-benar berada di tempat itu, dengan video 360 atau foto berdasarkan foto yang kamu miliki ataupun yang menjadi Facebook interest-mu.

 

4.Capture the Moments

Jangan takut momen kamu di dalam Facebook Spaces akan terlewat. Dengan selfie stick, kamu akan meraskaan kesenangan bersama temanmu untuk merekam setiap momen kamu beraktivitas bersama, seperti kamu selfie layaknya di dunia nyata, yang langsung dapat kamu bagikan ke semua temanmu di dalam Facebook.

 

5. Connect With Friends

Tidak punya Oculus Rift untuk bergabung dengan Facebook Spaces? Kamu dapat bergabung dengan menggunakan messenger video call. Aplikasi messenger yang terhubung dengan Facebook, yang kini sudah terintegrasi dengan Facebook Spaces. Kamu cukup menelpon temanmu yang berada pada VR, dan kamu dapat masuk ke dalam dunia virtual dengan sebuah window  seperti video call  biasanya. Hanya saja kamu melakukan video call dengan avatar-avatar mereka.

 

Pertanyaanya apakah ini semua worth it ?  Kamu dapat menghabiskan waktu kamu, seperti kamu bertemu langsung di dunia nyata, dengan avatar yang dapat mengekspresikan dirimu yang sebenarnya. Kamu dapat memaksimalkan quality time kamu, dengan beraktivitas bersama, dari bermain catur, bermain kartu, billiard, merayakan ulang tahun temanmu dengan gambaran imajinasimu melalui virtual 3D marker yang kamu gambar. Bahkan kamu dapat merasakan pergi bersama ke suatu tempat dengan video atau foto 360, seolah-olah kamu pergi ke sana, dan bersama dengan teman, keluarga, orang yang paling dekat denganmu secara interaktif dengan imajinasimu, dan merekam semua momen tersebut dengan selfie stick di dalam virtual spaces, yaitu Facebook Spaces. Seru bukan?

 

[Apolos Avrialdo]

Categories
Tech Corner

RELATED BY