Buat Kamu yang Sudah Lulus Sarjana, Yuk Segera Terjun ke Dunia Bisnis!

Ketika pertanyaan “kapan lulus?” sudah terjawab, kini muncul pertanyaan baru yang menghantui kamu ketika sudah lulus, pastinya nggak bakalan jauh-jauh dari “setelah lulus sarjana mau ngapain?”, tentu hal tersebut...

Ketika pertanyaan “kapan lulus?” sudah terjawab, kini muncul pertanyaan baru yang menghantui kamu ketika sudah lulus, pastinya nggak bakalan jauh-jauh dari “setelah lulus sarjana mau ngapain?”, tentu hal tersebut membuatmu bimbang bukan? Ketatnya persaingan karena lowongan pekerjaan yang semakin sedikit membuat kamu bingung untuk melakukan apa. Namun sadarkah kamu bahwa ini semua adalah momen yang tepat untuk kamu memulai bisnismu sendiri?

Nah, jika sekarang kamu bimbang untuk menentukan jalan hidupmu ke depan, atau mungkin bertanya-tanya apakah memulai bisnis adalah hal yang tepat? Maka di sini FILE akan memberikan beberapa alasan, kenapa sih kamu harus memulai bisnis setelah lulus sarjana.

 

1. Kamu masih memiliki energi dan semangat yang penuh

Setelah kamu memiliki gelar sarjana, tentu energi dan semangat yang kamu miliki sedang banyak-banyaknya bukan? Pastinya kamu akan bersemangat dan beripikir untuk segera bisa menghasilkan uang dengan kerja kerasmu sendiri. Nah sesungguhnya, semangat yang sedang kamu miliki ini merupakan langkah utama yang wajib dimiliki oleh seorang pebisnis. Semangat yang tinggi dan pantang menyerah merupakan modal besar yang harus kamu miliki. modal ini bisa nantinya kamu jadikan senjata utama ketika akan benar-benar terjun ke dunia usaha.

 

2. Sarjana muda tentunya banyak memiliki ide menarik yang siap untuk dieksekusi

Dengan jiwa dan raga yang masih muda, tentunya akan membuatmu memiliki banyak sekali ide yang bisa direalisasikan. Rasa optimis untuk menyelesaikan suatu masalah dengan berpikiran terbuka membuat hal ini sangat menguntungkanmu. Ketika kamu terjun ke dalam dunia bisnis sekarang, kamu akan bisa berinovasi mengenai apa yang akan kamu jadikan bisnis. kamu pun bisa menargetkan bisnismu kepada anak-anak muda juga. Dengan bermodal ilmu serta gagasan yang kamu punya yakinlah bahwa kamu bisa unggul di bidangnya.

 

3. Ketika kamu bisa benar-benar terjun langsung dan fokus, kamu akan semakin berilmu sebagai seorang pebisnis muda

Ketika di perkuliahaan kamu mendapatkan ilmu terapan, maka dengan berbisnis, kamu akan bisa untuk mempraktekkan ilmu yang kamu miliki. Tentunya dengan terjun langsung ke dalam bisnis yang sedang kamu geluti, sesungguhnya kamu sedang menggali berbagai ilmu baru. Ini merupakan caramu untuk memperkaya diri sendiri.

 

4. Kamu bisa memilih jenis bisnismu dan mencintai bidang yang kamu geluti

Dengan merintis usaha sendiri tentunya hal ini merupakan salah satu cara untuk mengetahui kira-kira kamu cocoknya berada di bisnis mana, untuk bisnis sendiri tentunya menawarkan banyak jenis. Ada bisnis properti, makanan, online shop, hingga ragam usaha anak muda lainnya. Kamu pun bisa memilih bidang yang paling kamu sukai. Setelah mengetahui di bidang mana yang sesuai dengan passion-mu, kamu pun bisa menikmati masa-masa menjadi wirausahawan. Kamu bebas untuk mengatur jadwal, memiliki banyak waktu luang serta tak memiliki kewajiban pada atasanmu karena kamulah atasannya.

 

5. Mencuri start di awal membuat kamu punya lebih banyak waktu untuk berjuang

Tak bisa dipungkiri, setelah lulus dari bangku kuliah tentunya banyak temanmu yang memilih untuk bekerja pada perusahaan swasta ataupun mengabdikan dirinya pada negara. Di sini kamu tak perlu berkecil hati jika memang kamu tak tertarik mengikuti jejak mereka. Ini merupakan saat yang tepat untukmu merintis bisnismu sendiri.

Ketika kamu memilih untuk terjun ke dunia bisnis di usia sekarang ini, sebenarnya kamu sedang mencuri start dari awal menuju kesuksesan. Kenapa begitu? Apabila kamu tak berhasil di dunia usaha kamu pun tetap tak memiliki alasan untuk merasa rendah diri. Kamu tetap memiliki wawasan serta pengalaman yang lebih kaya daripada temanmu yang hanya bermain aman bukan?

 

6. Jatuh bangun yang kamu alami sebagai pebisnis muda membuatmu memahami makna penting dari kerja keras yang sebenarnya

Di dalam berbisnis butuh perjuangan yang tak sederhana memang untuk berkecimpung di dunia usaha tersebut. Kamu harus rela untuk jatuh bangun, memeras habis keringat supaya bisa sukses nantinya. Namun, sesungguhnya hal ini bisa membuatmu mendapatkan banyak pembelajaran. Pernah gagal dan harus selalu berjuang mengajarkanmu untuk memahami arti kerja keras yang sebenarnya.

 

Sekarang kamu tidak lagi menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak perlu. Kamu bisa menghargai keberadaan uang. Bahkan tentu ini juga membuatmu membuka mata atas perjuangan kedua orang tua yang giat bekerja untuk memenuhi kebutuhan. Gagal ataupun sukses di dunia bisnis jelas kamu akan jadi pribadi yang beda dan lebih mandiri karena kamu yang pernah merintis bisnis secara mandiri tahu betul mengenai kerja keras dan perjuangan. Lalu tunggu apa lagi untuk memulai bisnismu?

 

[Bagas Kurniawan]

Categories
BusinessInspiration

RELATED BY