7 Tips Meningkatkan Brand Loyalty

Brand loyalty atau loyalitas merek adalah aspek yang menentukan apakah seorang pelanggan akan kembali membeli sebuah produk dengan merek tertentu berulang kali, dan selalu memilih merek tersebut dibandingkan merek-merek...

Brand loyalty atau loyalitas merek adalah aspek yang menentukan apakah seorang pelanggan akan kembali membeli sebuah produk dengan merek tertentu berulang kali, dan selalu memilih merek tersebut dibandingkan merek-merek lainnya.

Kamu mungkin juga memiliki loyalitas terhadap merek tertentu. Bagi pengguna smartphone, mungkin kamu selalu memilih produk Apple. Bagi pengguna laptop, mungkin kamu selalu memilih produk Asus. Nah, apa yang mendorong seseorang untuk menjadi setia terhadap suatu merek? Alasan setiap orang mungkin berbeda-beda. Ada yang setia terhadap suatu merek karena kualitas dari produknya selalu terjamin, karena mereka sudah menggunakan merek tersebut semenjak kecil, atau mungkin karena harga yang terjangkau.

Walaupun tentunya ada orang-orang yang tidak terpaku hanya pada 1 merek, membangun brand loyalty cukup penting untuk memastikan bahwa pelanggan-pelanggan yang pernah menggunakan produk atau jasa dari bisnismu ingin kembali membeli produk atau jasamu kembali, serta memastikan bahwa bisnismu memiliki pelanggan-pelanggan setia yang percaya akan kualitas dari bisnismu dan selalu lebih memilih produkmu dibanding yang ditawarkan oleh para kompetitormu. File kali ini akan memberikanmu beberapa tips untuk meningkatkan brand loyalty :

 

1. Diferensiasikan Brand-mu dari Para Kompetitormu

Terutama jika bisnismu adalah pendatang baru di pasar yang sudah dikuasai oleh merek-merek besar lain. Pastikan kamu memiliki suatu hal yang membuat brand-mu unik dari yang lain sehingga mereka yang sudah menjadi pelanggan dari kompetitormu merasa tertarik dan mempertimbangkan untuk mencoba produk atau jasamu.

 

2. Gunakan Teknologi untuk Memberikan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Sebagai contoh, sekarang ini banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi untuk memberikan personalized experience bagi para pelanggannya. Tidak lupa bahwa hampir semua usaha kini membuat versi mobile dari situs web bisnis mereka untuk memastikan pelanggan-pelanggan mereka dapat mengaksesnya dengan mudah. Dengan memanfaatkan data pelanggan, kamu juga bisa mendapatkan berbagai insight yang berguna mengenai preferensi dari setiap pelangganmu sehingga dapat membantumu untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan yang dapat kamu berikan.

 

3. Selalu Berikan Pengalaman yang Positif bagi Pelangganmu

Sangat penting untuk memastikan bahwa pelanggan-pelangganmu selalu mengasosiasikan brand-mu dengan perasaan positif. Dengan begitu mereka tak akan ragu untuk kembali menggunakan produk atau jasamu

 

4. Gunakan Media Sosial untuk Berinteraksi dengan Pelanggan

Media sosial adalah alat yang cukup efektif untuk membangun brand loyalty. Hal-hal seperti mengirim pesan atau memberikan komentar pada suatu post yang melibatkan brand-mu dapat membantumu membangun relasi dengan pelangganmu. Kamu juga bisa menjalankan program yang memberikan reward bagi mereka yang berpartisipasi sehingga mereka kemungkinan besar akan mem-post hal tersebut di media sosial mereka. Aktivitas pada media sosial dapat menarik pelanggan-pelanggan baru dan membangun gambaran yang positif terhadap bisnismu.

 

5. Buat Brand-Mu Menjadi Bagian dari Identitas Pribadi Pelangganmu

Pernahkah kamu mengasosiasikan suatu brand dengan karakteristik tertentu? Sebagai contoh, jika seseorang menggunakan merek Louis Vuitton, maka kita akan berasumsi bahwa ia adalah seorang fashionista. Atau merek seperti Apple yang sering diasosiasikan dengan slick karena desain produknya yang terkesan simplistic dan modern. Begitu pelanggan merasa bahwa sebuah brand sangat cocok atau bahkan telah menjadi bagian dari identitas mereka, maka akan sulit bagi mereka untuk berpindah ke brand lain.

 

6. Menghadiahi Pelanggan Berdasarkan Tingkat Loyalitas Mereka

Dibandingkan hanya memberikan 1 reward yang sama bagi setiap pelanggan, kamu dapat membagi-baginya ke dalam berbagai tingkatan loyalitas. Sebagai contoh, mereka yang lebih banyak atau sering menggunakan produk atau jasamu akan mendapatkan reward yang lebih baik dibanding mereka yang tidak. Hal ini dapat mendorong setiap pelangganmu untuk lebih sering menggunakan produk atau jasamu dan tentu saja, membuat mereka yang telah setia kepada brand-mu merasa terapresiasi.

 

7. Membagikan Ulasan serta Kisah dari Para Pelangganmu

Membagikan ulasan pelanggan terhadap produk atau jasamu dapat meningkatkan transparansi serta kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu. Jika kamu memiliki ulasan negatif, kamu dapat membagikan bahwa masalah tersebut sudah ditangani sehingga memberitahukan kepada para pelangganmu bahwa kamu peduli akan pendapat dan keinginan mereka.

Selain ulasan, bagikan juga kisah-kisah dari pelanggan yang telah menggunakan produk atau jasamu. Hal tersebut dapat lebih “memanusiakan” brand-mu sehingga bisnismu tidak terkesan kaku atau seperti hanya dikendalikan oleh mesin.

Categories
Business

RELATED BY