7 Hal yang Dilakukan Orang Sukses agar Tetap Bekerja dengan Produktif

Setiap orang pasti pernah mengalami stres ataupun tertekan, tetapi dalam keadaan apapun kamu harus tetap produktif saat bekerja. Mau tahu bagaimana cara orang-orang sukses tetap produktif? Simak 7 hal...

Setiap orang pasti pernah mengalami stres ataupun tertekan, tetapi dalam keadaan apapun kamu harus tetap produktif saat bekerja. Mau tahu bagaimana cara orang-orang sukses tetap produktif? Simak 7 hal berikut!

 

1. Memanfaatkan Teknologi untuk Memudahkan Pekerjaan

Orang sukses paham betul bagaimana menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaannya. Contoh umumnya, tidak perlu mengantri di bank untuk melakukan transaksi, cukup gunakan smartphone untuk mengakses e-banking­. Contoh lainnya adalah mengatur keuangan menggunakan aplikasi di smartphone, tidak perlu lagi yang namanya repot-repot mencatat keuangan pada buku catatan.

 

2. Tidak Gengsi untuk Meminta Bantuan

Ciri orang sukses adalah orang yang pandai mengukur kapasitas dirinya. Agar pekerjaan lain dapat berjalan sesuai rencana, kamu tidak perlu gengsi untuk meminta bantuan. Sehebat apapun kamu, kamu tidak mungkin bisa melakukan segala macam bidang kegiatan sendirian. Kamu dapat meminta bantuan kepada orang lain yang ahli di bidangnya, sehingga kamu dapat kembali fokus dengan pekerjaanmu.

 

3. Dapat Meluapkan Stresnya Melalui Berbagai Cara

Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk meluapkan stres, tetapi cara-cara kreatif yang berguna biasanya dilakukan oleh orang sukses. Misalnya, banyak dari orang sukses yang membiasakan diri untuk menuliskan jurnal harian di website pribadi, karena selain membagikan sebagian tekanan ataupun beban yang sedang dialami, mereka juga secara tidak langsung meningkatkan kemampuan menulis mereka. Ditambah lagi, bagi para pembaca website pribadimu yang tengah merasakan hal yang sama, mereka akan merasa lebih kuat dan tidak sendirian. Oleh sebab itu, daripada meluapkan stresmu ke hal-hal yang tidak berguna, cobalah untuk mengikuti jejak para orang sukses tersebut!

 

4. Tidak Pernah Berhenti Mempelajari Hal Baru

Jangan pernah berhenti untuk mempelajari hal-hal baru. Dimanapun kamu berada, kapanpun itu, janganlah pernah berhenti. Mereka yang sukses tidak pernah kapok untuk melakukan kegiatan yang bisa menambah wawasan baru. Dengan banyak belajar serta mendengar hal-hal baru dari orang lain, kamu pun juga dapat menjadi lebih kebal saat menghadapi tantangan dan masalah. Kamu akan mudah mencari jalan keluar maupun lebih cepat dalam mengambil keputusan. Jadi, teruslah mempelajari hal baru, karena tidak ada salahnya untuk menambah wawasan.

 

5. Memiliki Motivasi yang Kuat

Meski dalam keadaan paling tertekan, orang-orang sukses justru memiliki motivasi yang kuat untuk tetap teguh dan bertahan untuk kelangsungan masa depannya. Mereka yang sukses tidak akan cepat menyerah dalam keadaan apapun. Apapun motivasi yang dimilikinya, entah itu tokoh idola, orang tua, sebuah kutipan, dan lainnya, motivasi itulah yang membuat mereka kebal dan tetap bertahan. Dalam mengerjakan suatu hal, kamu harus tetap memiliki alasan untuk terus berjuang. Kalau kamu merasa ingin menyerah, lihat kembali motivasi kamu. Untuk apa kamu berjuang selama ini jika pada akhirnya kamu menyerah?

 

6. Mengetahui Porsi untuk Tidak Bekerja Berlebihan

Pikiran dan hati pun butuh istirahat dari penatnya pekerjaan. Mereka yang sukses tahu porsi masing-masing tenaga yang dikeluarkan saat bekerja. Jangan paksakan dirimu sendiri jika kamu tidak mampu. Istirahatlah sejenak serta bebaskan pikiran kamu dari pekerjaan untuk sesaat. Kamu juga dapat berkumpul dengan teman maupun keluarga. Dengan begitu, tenagamu akan kembali terisi, dan pikiran pun kembali jernih untuk mulai kembali bekerja.

 

7. Tetap Berusaha Rileks dalam Keadaan Apapun

Mereka yang sukses akan tetap berusaha rileks dalam keadaan apapun karena jalan keluar tidak akan bisa ditemukan dalam keadaan panik. Jika kamu sedang dalam keadaan yang tidak memungkinkanmu untuk tetap tenang, cobalah berjalan sebentar mencari angin, lakukan hobimu, ataupun tidur siang. Coba untuk memberikan ruang bagi diri sendiri agar dapat kembali tenang. Dengan begitu, pikiranmu juga akan menjadi lebih jernih untuk kembali berpikir atau melangsungkan aktivitas.

 

[Ni Putu Putri]

Categories
Productivity

RELATED BY