7 Bukti Nyata Orang Sukses di Usia Muda

Kebebasan dalam melakukan bisnis tidak dibatasi oleh siapapun atau apapun. Untuk memulai sebuah bisnis baru diperlukan sebuah ide yang kreatif yang mampu menghadirkan inovasi baru dan unik di kalangan...

Kebebasan dalam melakukan bisnis tidak dibatasi oleh siapapun atau apapun. Untuk memulai sebuah bisnis baru diperlukan sebuah ide yang kreatif yang mampu menghadirkan inovasi baru dan unik di kalangan masyarakat. Umur tidak lagi menjadi sebuah halangan untuk seseorang memulai karirnya di dunia bisnis. Pemikiran yang kreatif inilah yang akhirnya membuka sebuah kesempatan untuk mereka membangun sebuah bisnis.

Pengusaha muda identik dengan semangat dan idenya yang luar biasa. Banyak di antara mereka yang merintis usahanya ketika masih di bangku perkuliahan. Berikut adalah bukti nyata bahwa usia muda bukan sebuah penghalang seseorang untuk memulai bisnis mereka.

 

1. Hafiza Elfira

Menempuh pendidikan di Universitas Indonesia, Depok, merupakan tantangan tersendiri bagi mahasiswi berusia 22 tahun ini. Tidak hanya pintar dalam bidang akademik, Hafiza memiliki otak bisnis ketika masih kuliah. Berawal dari menjadi seorang social entrepreneur di bawah Nalacity Foundation, wanita ini gemar memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu penderita kusta. Namun, dalam waktu yang cukup panjang dia berhasil membuat bisnis manik-manik yang laris di pasaran. Hasilnya ratusan juta rupiah bisa dia peroleh selama kuliah.

 

2. Yasa Singgih

Kamu tidak akan percaya dengan hasil yang diraihnya pada umur yang masih muda, yaitu sekitar 20 tahun pada tanggal 23 April 2016. Ya, meski masih memiliki umur yang relatif muda, Yasa telah berhasil menjalani banyak sekali bisnis, antara lain konsultan, properti, dan fashion dengan brand Men’s Republic. Pria lulusan Bina Nusantara ini sudah terbiasa berbisnis sejak usia 15 tahun, ketika ayahnya diklaim memiliki penyakit jantung. Never too young to become a billionaire! Menjadi sebuah motto yang selalu memotivasinya untuk maju dan mengembangkan bisnisnya.

 

3. Nicholas Kurniawan

Kaskus memiliki jaringan yang kuat sehingga mudah dalam melakukan pemasaran, hal tersebut sangat dirasakan oleh Nicholas. Berawal dari ekonomi keluarga yang terpuruk dan terbelit banyak hutang, dia akhirnya mencari cara untuk menekuni bisnis. Terbukti ada bisnis MLM, makanan, dan mainan pernah dia coba sebelum beranjak ke Kaskus. Hingga pada suatu saat dia menceburkan dirinya untuk berjualan di Kaskus sebagai eksportir ikan hias. Tidak tanggung-tanggung omset yang dapat dia peroleh berkisar ratusan juta rupiah dalam satu bulannya.

 

4. Hamzah Izzulhaq

Bisnis lahir karena adanya sebuah peluang. Hal ini disadari secara langsung oleh Hamzah. Sejak SMA dia memiliki jiwa bisnis yang cukup kuat. Pada saat kelas 2 SMA merupakan titik balik dia berbisnis, dengan cara membuka bisnis franchise. Meskipun dengan modal awal ayahnya senilai 70 juta, tetapi dia berhasil membuktikan keberhasilan bisnis bimbel di Jakarta. Hingga hari ini, dia masih duduk sebagai direktur utama CV Hasama Indonesia.

 

5. Victor Giovan Raihan

Lahir dari keluarga kepolisian, pria sulung dari dua bersaudara ini tidak berminat untuk mengikuti jejak ayahnya. Sebaliknya, dia memilih jalur bisnis dan menekuninya hingga sekarang. Pilihannya ternyata tepat. Terbukti bahwa dia bisa kebanjiran pesanan dari hasil campuran teh dan fermentasi susu yang dia buat sendiri. Tidak hanya itu, dia memiliki usaha inti yaitu bakso, yang omsetnya sangat besar. Hingga saat ini sudah ada 10 outlet yang dia kelola, dan 17 dikelola oleh mitra kerjanya.

 

6. Theresia Deka Putri

Kopi merupakan rempah-rempah yang diminati hampir semua kalangan masyarakat Indonesia. Hal inilah yang menjadi semangat Theresia dalam memulai bisnisnya. Dia mengembangkan bisnis kopi luwak sebagai pilihan bisnis ketika usianya belum genap 20 tahun. Hasilnya dia telah memiliki omset jutaan rupiah dengan hanya mempekerjakan sekitar 15 orang di tokonya.

 

7. Riezka Rahmatiana

Bisnis yang sukses sebanding dengan usaha keras yang dilakukan oleh seseorang. Hal tersebut juga yang disampaikan oleh Riezka. Meskipun jatuh bangun dengan beberapa usaha makanan, network marketing, dan lainnya, tetapi dia tidak mudah menyerah. Terbukti bahwa dia berhasil membuat bisnis es pisang ijo asli Makassar. Hingga tahun 2009 dia berhasil membuat 3 cabang dan membuka sistem franchise agar dapat menguntungkan masyarakat dan dirinya.

 

Kesuksesan seseorang tidak ditentukan oleh seberapa muda dirinya dan seberapa tua. Sukses dapat diraih hanya dengan kemauan dan kerja keras dari orang tersebut. Seperti contoh pengusaha-pengusaha muda di atas, mereka dapat berhasil mencapai mimpi mereka dengan kerja keras dan kemauan yang tinggi untuk mengembangkan usaha mereka.

Selain kerja keras dan kemauan, satu hal pasti yang menjadi sebuah kesamaan umum tapi sangat penting, yaitu mereka mencintai bidang yang mereka lakukan. So guys, pastikan kalian mencintai apa yang kalian lakukan, karena melakukan segala sesuatu tapi tidak dilandasi dengan rasa suka, kamu akan menjadi bosan dan akhirnya hanya membuang waktumu.

 

[Yashinta]

Categories
Inspiration

RELATED BY