6 Pola Perilaku yang Menentukan Kualitas Keputusan Seorang Pemimpin

Ketika kamu menjadi leader atau pemimpin dari bisnis yang kamu bangun, pastinya akan ada banyak tanggung jawab yang harus kamu penuhi. Tidak sedikit perusahaan – baik kecil maupun besar...

Ketika kamu menjadi leader atau pemimpin dari bisnis yang kamu bangun, pastinya akan ada banyak tanggung jawab yang harus kamu penuhi. Tidak sedikit perusahaan – baik kecil maupun besar – yang mengalami banyak konflik internal dikarenakan manajemen ataupun leadership yang buruk. Lama kelamaan konflik tersebut mempengaruhi kualitas produk maupun jasa yang diberikan oleh perusahaan, dan tentunya juga menurunkan semangat kerja para pegawai.

Pemimpin yang baik adalah mereka yang dapat mendorong para pegawainya untuk bertumbuh, mengerjakan segala sesuatu sesuai dengan budaya dan nilai perusahaan, memanfaatkan secara maksimal sumber daya yang ada, dapat menginspirasi orang-orang di sekitarnya, dan tentu saja – dapat mengambil keputusan rasional dan tepat yang mendukung kemajuan perusahaan.

Baca juga: Coba Tips-Tips Berikut agar Dapat Mengambil Keputusan dengan Cepat dan Tepat

Lalu apa yang dapat mendorong seorang pemimpin untuk selalu membuat keputusan yang tepat? Berikut beberapa pola perilaku yang dapat kamu ikuti:

 

1. Memercayai Diri Sendiri

Dalam menjalankan bisnis, kamu akan menghadapi banyak ketidakpastian. Dari begitu pesat perkembangan pasar hingga bagaimana kamu dapat mengadaptasikan bisnismu serta strategi apa yang harus diambil – jika kamu tidak percaya pada kemampuan maupun keputusanmu, maka bagaimana kamu dapat mendorong orang-orang di sekitarmu untuk tetap yakin akan bisnismu dan terus maju? Banyak pemimpin yang kehilangan kepercayaan diri mereka ketika jatuh dalam ketidakpastian. Ketika kamu menghadapi hal serupa, janganlah panik maupun putus asa, melainkan tetap yakin bahwa ”kamu pasti bisa!” dan terus berusaha mencari jalan yang paling tepat.

 

2. Memiliki Tujuan yang Jelas

Apa alasanmu membangun bisnis? Mengapa kamu ingin menjadi entrepreneur? Apa tujuan dan fungsi dari produk/jasa yang kamu inovasikan? What do you and your business stand for?  Tanpa tujuan yang jelas maka kamu tidak dapat membuat visi serta misi yang jelas pula untuk perusahaanmu. Alhasil, kamu juga tidak memiliki basis untuk mengambil keputusan yang tepat.

 

3. Dapat Melihat dan Memanfaatkan Peluang

Sadar akan peluang yang tersedia dan berani memanfaatkannya adalah kunci dari berkembangnya perusahaan. Kemampuan ini membantu kamu para pemimpin untuk selalu siap mengantisipasi masalah maupun perubahan yang dapat terjadi bagi bisnismu. Tak hanya itu, juga memperluas pandanganmu akan lingkungan serta pasar dimana bisnismu beroperasi.

 

4. Tidak Bermain Politik

Bermain politik dalam hal ini yaitu, mengutamakan agenda serta motif pihak-pihak lain yang tidak sejalan dengan nilai bisnismu ataupun dirimu sendiri. Alhasil, kamu serta perusahaanmu lama kelamaan kehilangan identitas diri karena keputusan-keputusan yang kamu ambil terus dipengaruhi oleh pihak-pihak yang “berkepentingan”. Pastikan bahwa kamu terus bersikap transparan dengan pegawai-pegawaimu, pertahankan kepercayaan mereka, dan hindari kegiatan-kegiatan yang tidak sejalan dengan nilai maupun budaya perusahaan.

 

5. Mengetahui bahwa Pengalaman Tidak Selalu Relevan

Seringkali kita mengambil keputusan berdasarkan pengalaman. Namun di dunia bisnis, pasar terus berkembang dan kompetitor terus bermunculan. Keputusan yang kamu ambil sebelumnya maupun pengalaman yang kamu punya belum tentu dapat diaplikasikan kembali pada situasi yang berbeda. Yang terpenting adalah kamu dapat beradaptasi dengan perubahan, melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang, dan seperti yang telah disebutkan pada poin 3 — tahu kapan harus memanfaatkan peluang.

 

6. Tahu Bagaimana Cara Mengelola Sumber Daya

Coba telusuri sumber daya apa yang kamu miliki. Seringkali, pegawai yang kamu pekerjakan memiliki potensi tersembunyi yang dapat kamu bantu kembangkan dan maksimalkan. Ataupun sumber daya berupa benda maupun alat yang tidak hanya memiliki 1 fungsi, namun dapat kamu manfaatkan secara kreatif sehingga dapat mendukung bisnismu lebih jauh lagi. Menyadari akan potensi dari setiap sumber daya yang kamu punya membantumu untuk mengambil keputusan yang efektif karena kamu tahu betul bagaimana cara mengembangkan serta memanfaatkannya secara maksimal.

Categories
BusinessInspiration

RELATED BY