6 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Bisa Kamu Terapkan

Keahlian dalam mengelola keuangan merupakan hal penting yang dibutuhkan dalam membangun suatu perusahaan. Terkadang menyepelekan kiat-kiat dalam mengelola keuangan akan berujung masalah yang bisa menyebabkan kemunduran usaha yang telah...

Keahlian dalam mengelola keuangan merupakan hal penting yang dibutuhkan dalam membangun suatu perusahaan. Terkadang menyepelekan kiat-kiat dalam mengelola keuangan akan berujung masalah yang bisa menyebabkan kemunduran usaha yang telah kita bangun.

Nah pada kesempatan ini, FILE akan membagikan 6 kebiasaan pengusaha sukses dalam mengelola keuangan sehingga kamu bisa mengaplikasikannya saat kamu membangun usahamu sendiri.

 

1. Meninjau Keuangan secara Berkala

Setiap bisnis pasti ada maju mundurnya, mungkin karena musim ataupun terlibat permasalahan yang cukup rumit. Oleh karena itu, sebaiknya kamu selalu meninjau neraca keuangan secara berkala, baik mingguan ataupun bulanan sehingga kamu lebih mengetahui perkembangan keuangan perusahaanmu lebih dalam dan mencegah masalah keuangan yang mungkin timbul.

 

2. Menyusun Anggaran dari Awal

Jika kamu masih pemula, susunlah anggaran pada awal bulan untuk memperkirakan berapa pemasukan yang akan diterima dan pengeluarannya. Lalu tinjau anggaran tersebut dan bandingkan hasil sebenarnya pada akhir bulan. Lalu ulangi kembali. Kamu akan lebih ahli dalam menyusun anggaran, dan kamu lebih mantap dalam membuat keputusan serta mengetahui permasalahan yang mungkin akan terjadi.

 

3. Simpan Sejumlah Uang untuk Pajak

Sebagai warga negara yang baik, membayar pajak adalah hal yang penting untuk pemasukan negara. Maka setiap kali kamu mendapatkan pemasukan, jangan lupa bahwa sebagian dari pemasukan tersebut adalah hak negara. Jadi jangan langsung gunakan semua pemasukan yang ada dan selalu sisakan untuk pajak sesuai dengan perhitungan dan hukum yang berlaku.

 

4. Kurangi Hutang yang Ada

Dalam membangun usaha, pasti ada saatnya kamu perlu berhutang, dan hal tersebut adalah lumrah. Kamu bisa mengambil pinjaman jangka pendek untuk membangun bisnis jangka panjang demi perkembangan bisnismu. Namun, melakukan pinjaman terus menerus bisa menjadi sandungan besar untuk perkembangan bisnis. Yang terutama, setelah kamu mempunyai hutang bisnis, adalah hal penting untuk selalu membayar bunga secara berkala, dan lebih cermat untuk mengurangi hutang tersebut.

 

5. Bayar Gajimu dengan Keuntungan Bisnis Itu Sendiri

Mungkin hal yang cukup aneh untuk memberikan gaji ke dirimu sebagai pemilik perusahaan. Kamu tidak perlu membuat cek gaji tersendiri untuk dirimu. Tetapi, janganlah asal mengeluarkan uang dari rekening bisnismu untuk kebutuhan pribadi semata. Ketika kamu membayar gaji dirimu sendiri, hal tersebut membuat dirimu lebih memikirkan akan bisnismu serta penghasilan kamu secara terpisah.

 

6. Bangun dan Susun Struktur Perusahaan secara Optimal

Saat mempunyai bisnis sendiri, mungkin kamu merasa bisa melakukan semuanya dan hanya membuat struktur perusahaan yang minimal dan tidak terarah. Hal ini bisa menjadi masalah jika perusahaan tersebut semakin besar dan membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak. Oleh karena itu, susunlah struktur perusahaanmu lebih optimal yang bisa mengurus berbagai macam kebutuhan yang timbul di perusahaan tersebut. Sehingga orang yang bekerja di perusahaanmu mempunyai tanggung jawab yang sama rata dan saling membangun satu dengan yang lain.

 

Berdasarkan pengusaha yang telah berhasil membangun perusahaannya, mempunyai kebiasaan-kebiasaan ini tentu akan membangun bisnis yang baik serta kamu bisa lebih puas terhadap pilihan karirmu. Ketika kamu sedang terjebak di permasalahan, carilah bantuan. Kamu bisa bertanya kepada akuntan, pengacara, ahli pajak, ataupun orang handal lainnya yang bisa menyelesaikan permasalahan yang timbul. Selalu fokus dan pegang kebiasaan-kebiasaan yang baik agar menciptakan bisnis yang memuaskan.

 

[Kyky Farly Vallendra]

Categories
Finance

RELATED BY