5 Tips Jitu Mempercepat Android Kamu yang Mulai Lemot

Tidak selamanya Android yang kamu pakai mempunyai performa yang prima. Seiring waktu pasti performa Android akan menurun hingga sering terasa lemot. Atau bahkan hal inilah yang sedang kamu alami...

Tidak selamanya Android yang kamu pakai mempunyai performa yang prima. Seiring waktu pasti performa Android akan menurun hingga sering terasa lemot. Atau bahkan hal inilah yang sedang kamu alami saat ini. Memang mengecewakan jika hal ini terjadi, terlebih lagi jika kamu sudah mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk mendapatkan ponsel favorit kamu.

Pada saat-saat awal pemakaian, Android kamu pastinya memiliki performa yang baik sehingga terasa cepat dan fast-respond. Setelah berbulan-bulan pemakaian, mungkin kamu mulai merasa bahwa performa Android kamu berkurang. Penurunan performa ini tidak selamanya akan melanda Android kamu. Beberapa cara dapat dilakukan untuk memulihkan performa prima dari Android kamu.

Kamu dapat melakukan 5 tips jitu berikut untuk mempercepat Android kamu hingga ke performa primanya.

 

1. Bersihkan Home Screen

Layar utama atau home screen pada Android seringkali dipenuhi berbagai shortcut dari aplikasi-aplikasi yang telah tepasang pada ponsel kamu. Kamu dapat meningkatkan performa Android kamu dengan meminimalisir jumlah shortcut yang terdapat pada home screen kamu, dan menyisakan sebagian untuk aplikasi-aplikasi yang penting dan sering kamu gunakan.

Kamu juga dapat meningkatkan performa Android kamu dengan memilih wallpaper home screen yang bersifat statis. Wallpaper dengan animasi bergerak akan membebani kinerja Android.

 

2. Matikan Atau Hapus Aplikasi yang Tidak Kamu Perlukan

Kamu juga dapat meningkatkan performa Android kamu dengan menghapus aplikasi yang jarang, atau bahkan tidak pernah kamu gunakan. Banyaknya aplikasi dapat mengurangi kapasitas ruang pemrosesan dalam ponsel. Dengan kata lain, aplikasi tersebut tentunya membebani kinerja Android kamu.

 

3. Matikan Animasi pada Ponsel Kamu

Dengan meminimalisir atau bahkan mematikan animasi, Android kamu bisa memiliki kinerja yang lebih cepat. Kamu dapat mematikan animasi lewat menu Settings>About phone kemudian pilih menu systems atau Device information. Terdapat bagian yang menampilkan Build number. Tekan bagian tersebut sebanyak tujuh kali hingga mode Developer berhasil diaktifkan.

Setelah mode Developer aktif, pada menu Settings akan muncul pilihan tambahan yaitu Developer Option.Pilih menu tersebut dan kamu akan menemukan kolom Window animation scale, Transition animation scale, serta Animation duration scale. Ubahlah angka yang tertera menjadi 0.5x atau Animation off secara berurutan.

 

4. Update OS

Pastikan ponsel Android kamu sudah diperbarui dengan sistem operasi versi terbaru. Kamu dapat memastikannya dengan masuk ke menu Setting> About device> Software update dan pilih menu Check for updates.

Jika terdapat notifikasi pembaharuan, segera unduh dan install ke ponsel kamu. Dengan adanya pembaharuan sistem operasi ke versi terbaru, kinerja Android dapat kembali pulih, dan bahkan ponsel kamu juga dapat memiliki berbagai macam fitur baru. Pembaharuan tidak hanya berlaku pada sistem operasi saja. Aplikasi yang sering kamu gunakan sebaiknya juga selalu diperbaharui agar kinerja aplikasi kamu selalu maksimal.

Pembaharuan sistem operasi Android tidak terdapat pada setiap ponsel. Pembaharuan sistem operasi bergantung pada produsen ponsel yang kamu gunakan. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan dan memilih produsen yang rajin memperbaharui software mereka.

 

5. Factory Reset

Cara paling jitu untuk mengembalikan performa Android kamu adalah dengan melakukan factory reset. Cara ini merupakan cara paling jitu karena mampu mengembalikan kondisi software ponsel kamu seperti saat baru dibeli.

Bahkan, semua data dan aplikasi-aplikasi yang telah kamu install pada ponsel kamu akan hilang jika kamu melakukan factory reset. Untuk itu, jika kamu ingin melakukan factory reset, kamu perlu mem­-back up data, serta meng-install ulang aplikasi-aplikasi yang kamu perlukan.

 

Nah, itulah 5 tips jitu untuk membuat performa Android kamu kembali prima. Dengan cara-cara tersebut, kamu tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk membeli ponsel yang baru. Pernahkah kamu mencoba salah satu tips tersebut?

 

[Pius Krisantono]

Categories
Tech Corner

RELATED BY