5 Aplikasi Gamification untuk Meningkatkan Produktivitasmu

Apa itu Gamification? Gamification adalah sebuah proses yang mengubah aktivitas atau tugas menjadi mirip dengan game, yaitu dengan menerapkan berbagai konsep game seperti: memberikan poin, hadiah, misi, quest, dan lain-lain....

Apa itu Gamification?

Gamification adalah sebuah proses yang mengubah aktivitas atau tugas menjadi mirip dengan game, yaitu dengan menerapkan berbagai konsep game seperti: memberikan poin, hadiah, misi, quest, dan lain-lain.

Konsep gamification telah ada selama berpuluh-puluh tahun. Namun, istilahnya baru diciptakan pada tahun 2002. Sekarang ini, aplikasi-aplikasi yang menerapkan konsep gamification ini semakin banyak bermunculan dan menarik perhatian banyak orang.

Kamu mungkin pernah tidak sengaja menemui aplikasi-aplikasi yang menggunakan konsep ini di Play Store atau App Store. Atau mungkin kamu pernah memainkan aplikasi ternama, Pokemon Go – dan menggunakannya sebagai sebuah motivasi untuk lari pagi? Seringkali kita berusaha membuat suatu kegiatan yang tergolong “membosankan” menjadi sedikit lebih menarik, dan tidak terkecuali berusaha meng-gamify kegiatan tersebut.

Banyak teori yang menjelaskan mengapa gamification dapat meningkatkan motivasi serta mendorong produktivitas. Secara neurobiologis, gamification dapat secara alami meningkatkan kadar dopamin di otak. Otak kita merasa “senang” ketika kita berhasil mencapai suatu achievement, mendapatkan hadiah, dan menyelesaikan quest sehingga merilis dopamin. Menurut expectancy theory, kita melakukan suatu hal karena termotivasi oleh hasil yang kita harapkan. Dengan gamification kita tahu bahwa dengan melakukan tugas tertentu secara konsisten, kita akan mendapatkan hasil atau reward yang positif sehingga kita terus terdorong untuk melakukannya. Menurut goal theory, kita dapat mencapai kesuksesan dengan menyelesaikan masalah kompleks selangkah demi selangkah. Dengan memecah suatu tugas yang besar ke dalam beberapa unit kerja yang lebih kecil, kita dapat merasa bangga atau puas ketika berhasil menyelesaikan tugas-tugas yang kecil tersebut. Dan dengan gamification, suatu project besar dapat dibagi ke dalam goal-goal mikro yang membantumu untuk lebih terdorong untuk menyelesaikan tugasmu.

Secara singkat, gamification adalah teknik yang efektif untuk memotivasimu menyelesaikan sebuah kegiatan, dan tak hanya itu – membuat kita merasa senang selagi dan setelah berhasil melakukannya.

Aplikasi-aplikasi yang menerapkan konsep ini juga dapat menambahkan elemen-elemen lainnya untuk meningkatkan kepuasan penggunanya, dan memastikan mereka terus terdorong untuk menggunakannya:

source : Zapier

Nah, dari banyak aplikasi gamification yang tersedia, FILE memilih beberapa yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitasmu:

 

1. Habitica

 

Dengan Habitica, kamu dapat membuat kebiasaan, kegiatan sehari-hari, serta tugas-tugasmu menjadi quest yang menyenangkan. Kamu dapat membuat custom avatar dan menentukan habits, dailies, serta to-dos yang ingin kamu jadikan rutinitasmu. Setiap kali kamu menyelesaikan kegiatan atau aktivitas tertentu yang telah kamu tetapkan, kamu mendapatkan poin experience sehingga kamu dapat menaikkan level avatar-mu. Kamu juga mendapatkan berbagai macam reward seperti gold yang dapat kamu gunakan untuk “membeli” berbagai macam hal – armor, weapon, ataupun custom reward yang dapat kamu tentukan sendiri.

Tak hanya itu, Habitica juga mendorongmu untuk selalu menyelesaikan tugasmu secara konsisten, karena jika kamu mengabaikannya, health dari avatar-mu akan berkurang. Fitur lain yaitu kamu dapat merekrut temanmu untuk masuk ke dalam guild dan memerangi monster dengan menggunakan produktivitas.

Habitica tersedia secara gratis dengan in-app purchases di Web, Android, dan iOS.

 

2. EpicWin

 

Seperti Habitica, EpicWin juga berfokus pada to-do list dan customizable avatar, namun lebih sederhana. Jika pada Habitica terdapat 3 kategori quest, pada EpicWin hanya ada 1. Ketika kamu berhasil menyelesaikan suatu tugas, kamu akan dihadiahi dengan poin experience yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan menaikkan level avatar-mu. Kamu juga dapat melihat kembali quest-quest yang kamu berhasil selesaikan.

Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah, terdapat animasi setiap kali kamu menandakan suatu tugas yang sudah selesai. Avatar atau karakter yang dapat kamu pilih juga memiliki profil serta status tertentu.

EpicWin tersedia secara gratis di Android, dan seharga 26 ribu rupiah di iOS.

 

3. Zombies, Run!

 

Badan yang sehat dapat membantu meningkatkan produktivitas. Namun mungkin banyak dari kita yang merasa kesulitan untuk mulai berolahraga, baik karena tidak memiliki waktu atau menganggap bahwa olahraga adalah kegiatan yang membosankan.

Zombies, Run! adalah aplikasi menarik yang membantu memotivasimu untuk ingin berolahraga lari, dengan menempatkanmu sebagai seorang apocalypse survivor yang berusaha menghindari zombie dan menyelamatkan orang lain dengan benar-benar berlari.

Kamu dapat melakukan berbagai pengaturan seperti, seberapa jauh atau lama kamu mau berlari, playlist musik apa yang akan dimainkan, dan apakah kamu mau dikejar atau tidak. Selagi berlari, kamu juga akan mendengar berbagai pesan radio yang meningkatkan intensitas dan membangun atmosfer yang menegangkan.

Zombies, Run! tersedia secara gratis di Android dan iOS dengan in-app purchases.

 

4. Forest

 

Selain tersedia sebagai ekstensi browser, Forest juga tersedia sebagai aplikasi yang membantumu untuk tetap fokus pada kegiatanmu. Cara kerjanya adalah, kamu akan diminta untuk menentukan berapa lama kamu ingin tetap fokus, dan tumbuhan apa yang ingin kamu tanam. Setelah itu, tekan tombol Plant dan timer pun akan berjalan.

Jika kamu meninggalkan aplikasi selagi masih dalam waktu yang kamu tetapkan, maka tanaman yang kamu tanam akan mati. Dengan ini, kamu merasa “dilarang” untuk meninggalkan pekerjaanmu dan mem-browse hal-hal tidak penting di smartphone-mu.

Jika kamu tidak tahan dan ingin kembali membuka aplikasi-aplikasi lain, kamu dapat menekan tombol Give Up. Namun jika kamu menyerah, maka tanamanmu juga akan mati. Jika kamu berhasil untuk tetap fokus, maka tanamanmu akan tumbuh, dan kamu mendapatkan reward berupa poin yang dapat kamu gunakan untuk meng-unlock tanaman-tanaman lain serta berbagai background sound. Tak hanya itu, dengan meng-upgrade ke versi premium, kamu bisa ikut serta membantu menanam pohon di dunia nyata.

Forest tersedia secara gratis di Web, Android dengan in-app purchases, dan seharga 26 ribu rupiah di iOS.

 

5. LifeRPG

 

Seperti Habitica dan EpicWin, dengan LifeRPG kamu dapat membuat custom profile dan menambahkan mission atau tugas yang kamu rencanakan untuk selesaikan. Uniknya, aplikasi ini memiliki banyak opsi kustomisasi. Kamu dapat mengatur banyak hal dari mission yang kamu buat seperti tingkat kesulitan, urgensi, dan seberapa “seram” tugas tersebut yang menentukan seberapa besar poin experience yang akan kamu dapat. Kamu juga dapat menetapkan skill apa yang bisa kamu pelajari setelah berhasil menyelesaikannya.

Setelah berhasil menyelesaikan mission, kamu akan mendapatkan poin experience dan meningkatkan levelmu. Kamu juga bisa melihat statistik dari perkembanganmu setiap harinya, dan skill-skill apa saja yang telah kamu dapat beserta levelnya.

LifeRPG tersedia secara gratis di Android dengan in-app purchases.

Categories
ProductivityTech Corner

RELATED BY