4 Kesalahan Umum dalam Berbisnis yang Harus Dihindari

Setiap pengusaha tentu pernah melakukan kesalahan saat membangun bisnisnya. Entah kesalahan itu kecil ataupun besar, hal tersebut tentu akan berdampak pada bisnisnya yang berujung kepada jalan suksesnya seseorang. Berikut...

Setiap pengusaha tentu pernah melakukan kesalahan saat membangun bisnisnya. Entah kesalahan itu kecil ataupun besar, hal tersebut tentu akan berdampak pada bisnisnya yang berujung kepada jalan suksesnya seseorang. Berikut 4 kesalahan yang sering dilakukan pebisnis pada umumnya yang bisa kamu hindari jika lebih cermat:

 

1. Telat Bayar Tagihan

Membayar tagihan bukanlah sesuatu yang ditunggu-tunggu. Terkadang kita sering menunda untuk membayar tagihan hingga menjelang jatuh tempo. Menyepelekan untuk membayar tagihan adalah sesuatu yang perlu dihindari, apalagi jika kita menjalankan bisnis dengan pinjaman. Telat membayar tagihan tentu mengakibatkan mendapatkan surat yang tidak menyenangkan. Namun, jika membayar hutang pastikan bayarlah dengan tepat waktu. Telat sekali saja dalam pembayaran pinjaman bisa mengurangi nilai kreditmu.

Cobalah untuk menggunakan aplikasi yang bisa mencatat tagihan-tagihan yang kamu terima. Sehingga kamu lebih mudah mengorganisir setiap tagihan yang diterima dan mampu membayar tagihan tersebut tepat waktu.

 

2. Tidak Menyediakan Simpanan Darurat

Setiap pengusaha sukses pasti mengatakan bahwa bisnis mereka tidak selalu berjalan dengan mulus. Seringkali dalam berbisnis, kita menghadapi kondisi genting yang membutuhkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit. Oleh karenanya, kita memerlukan rencana yang bisa menanggulangi permasalahan tersebut. Jangan sampai kita meminjam terlalu banyak uang hingga tidak mampu untuk membayarnya kembali.

Jadi, selalu sisakan uang untuk simpanan darurat selagi masih mendapatkan uang. Hal ini berlaku tanpa memandang bisnis kamu besar ataupun kecil. Mayoritas bisnis startup gagal akibat penyalahgunaan modal dalam bisnisnya. Mempunyai simpanan darurat tentu akan membantumu bernapas saat masalah mendera.

 

3. Gagal Memisahkan Dana Usaha dengan Dana Pribadi

Ini merupakan salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan pebisnis. Banyak pemilik usaha kecil yang menggunakan dana usahanya untuk kebutuhan pribadinya, ataupun sebaliknya. Hal ini haruslah dihindari. Ketika memulai sebuah bisnis, adalah hal yang penting untuk memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan. Jangan sampai kesalahan seperti ini membuat usaha yang kamu bangun gagal dan membuat namamu tercoreng di mata institusi keuangan.

Cobalah untuk membuka rekening bisnis di bank dan ajukan kartu kredit untuk bisnis agar lebih mudah dalam menghitung pengeluaran untuk usaha. Gunakan kartu kredit bisnis saat bertransaksi bisnis dan sebaliknya. Gagal untuk memisahkan kedua hal tersebut mengakibatkan sulitnya untuk mengaudit keuangan perusahaan yang kamu pegang, menghitung pajak, dan hal-hal lainnya yang berujung sulitnya untuk mencapai tujuan finansialmu.

 

4. Menghabiskan Banyak Waktu untuk Aktivitas yang Tak Berguna

Waktu adalah uang. Pepatah ini sudah sering didengar oleh banyak orang tetapi jarang diterapkan. Terkadang kita terlalu menghabiskan waktu dalam keseharian kita yang tidak menguntungkan secara finansial, entah itu bermain video game ataupun jalan-jalan ke luar kota untuk sekadar liburan. Memang hal tersebut boleh dilakukan tetapi jangan sampai kegiatan tersebut malah melupakan tujuan kita untuk mencari uang.

Setiap orang pasti memiliki 24 jam dalam seharinya, dan beberapa orang bekerja lebih cermat dibandingkan yang lain sehingga menjadi mereka menjadi sukses. Ketahuilah bahwa waktu adalah aset terpenting maka selalu gunakan waktumu dengan cermat. Ingat, kamu bisa saja menolak pertemuan yang menurutmu tidak akan memberikan dampak pada bisnismu. Kamu juga tidak perlu mengangkat setiap ada telepon yang masuk. Mampu mengidentifikasi apa yang menjadi nilai lebih bagi usahamu adalah kunci untuk kesuksesan.

 

Melek keuangan adalah hal yang memerlukan waktu yang lama untuk dikuasai. Meskipun hal-hal tersebut kita pelajari saat benar-benar terkena suatu permasalahan, lebih baik bagi kita untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Selalu ingat 4 kesalahan ini dan lakukan sebisamu untuk menghindarinya.

 

[Kyky Farly Vallendra]

Categories
Business

RELATED BY